OCTANE ANALYZER

OKTANE ANALYZER

Octane analyzer tipe ZX 101C, merupakan alat analisa bilangan oktan pada bensin yang portabel, menggunakan sumber batu baterai. Alat ini terdiri dari tiga komponen primer : analyzer, wadah sampel, dan suatu pelindung cahaya. Instrument ini dapat menentukan bilangan oktan hanya dalam waktu kurang dari satu menit dan tidak memerlukan sampel standar. Untuk menentukan bilangan oktan, pengguna memerlukan background signal dari tempat sampel yang kosong, menentukan spectra absorpsi dari sampel sebanyak dua kali, selanjutnya memerlukan background signal yang kedua. Octan analyzer bekerja pada panjang gelombang yang pendek, dari 800- 1100 nm. Instrument yang digunakan telah dikalibrasi sehingga dapat memberikan hasil bilangan oktan (RON, MON dan PON) dari spectra absorbsi pada bahan bakar yang diuji.  Prediksi ini didukung dengan menggunakan persamaan regresi multivarian, dengan bentuk : Bilangan oktan = K0 + K1 (OD1) + K2 (OD2)�.. + K14 (OD14) + K15 (Ta)  Dimana K0 parameter kemiringan, K1 sampai K15 adalah koefisien slop, OD1 hingga OD14 adalah nilai absorbansi pada masing-masing ke-14 panjang gelombang, dan Ta adalah suhu lingkungan saat test dilakukan.  Instrument ini dapat menyimpan persamaan kalibrasi hingga lebih dari 10 kalibrasi untuk RON, MON dan PON dari campuran bensin. Interval kepercayaan 95% berhubungan dengan perkiraan standar deviasi sebanyak dua kali untuk ukuran test berulang dengan jumlah yang banyak  Angka oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin.

Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:

         87 → Bensin standar di Amerika Serikat

         88 → Bensin tanpa timbal Premium

         92 → Bensin standar di Eropa, Pertamax

         94 → Premix-TT

         98 → PertamaxPlus

Angka oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin. Menambahkan tetraethyl lead (TEL, Pb(C2H5)4) pada bensin akan meningkatkan bilangan oktan bensin tersebut, sehingga bensin "murah" dapat digunakan dan aman untuk mesin dengan menambahkan timbal ini. Untuk mengubah Pb dari bentuk padat menjadi gas pada bensin yang mengandung TEL dibutuhkan etilen bromida (C2H5Br). Celakanya, lapisan tipis timbal terbentuk pada atmosfer dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia. Di negara-negara maju, timbal sudah dilarang untuk dipakai sebagai bahan campuran bensin.

Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO. Belakangan diketahui bahwa MTBE ini juga berbahaya bagi lingkungan karena mempunyai sifat karsinogenik dan mudah bercampur dengan air, sehingga jika terjadi kebocoran pada tempat-tempat penampungan bensin (misalnya di pompa bensin) MTBE masuk ke air tanah bisa mencemari sumur dan sumber-sumber air minum lainnya.

Etanol yang berbilangan oktan 123 juga digunakan sebagai campuran. Etanol lebih unggul dari TEL dan MTBE karena tidak mencemari udara dengan timbal. Selain itu, etanol mudah diperoleh dari fermentasi tumbuh-tumbuhan sehingga bahan baku untuk pembuatannya cukup melimpah. Etanol semakin sering dipergunakan sebagai komponen bahan bakar setelah harga minyak bumi semakin meningkat.



Slide 20
nOctane analyzer tipe ZX 101C, merupakan alat analisa bilangan oktan pada bensin yang portabel, menggunakan sumber batu baterai. Alat ini terdiri dari tiga komponen primer : analyzer, wadah sampel, dan suatu pelindung cahaya.
nInstrument ini dapat menentukan bilangan oktan hanya dalam waktu kurang dari satu menit dan tidak memerlukan sampel standar.

Slide 20
nOctane analyzer tipe ZX 101C, merupakan alat analisa bilangan oktan pada bensin yang portabel, menggunakan sumber batu baterai. Alat ini terdiri dari tiga komponen primer : analyzer, wadah sampel, dan suatu pelindung cahaya.
nInstrument ini dapat menentukan bilangan oktan hanya dalam waktu kurang dari satu menit dan tidak memerlukan sampel standar.


3368 Pembaca    |    1717 Komentator
Share :
Tag : OCTANE ANALYZER

Kirim Pesan Anda